RSS

MC-CDMA (bagian 1)

08 Apr

Mencoba mengerti tentang MC-CDMA

MC-CDMA kependekan dari Multicarrier CDMA.

Multicarrier

Sistem multicarrier dikembangkan dengan tujuan untuk mengatasi berbagai gangguan dikanal, yaitu dengan jalan menumpangkan informasi tidak hanya pada satu carrier tetapi dalam banyak  carrier. Dengan demikian apabila satu carrier terganggu oleh derau, maka efek yang ditimbulkannya dapat diperkecil dan mudah diantisipasi.

Teknik pengiriman data multicarrier merupakan bentuk lain dari komunikasi multikanal. Teknik multicarrier membagi band frekuensi kanal menjadi beberapa subkanal. Sinyal informasi dikirimkan melalui masing-
masing subkanal. Gambar 1(a) dan (b) menunjukkan perbedaan teknik transmisi  singlecarrier dan multicarrier.

Pada Gambar 1(b) dapat dilihat bahwa data dengan laju bit  tinggi dikirimkan melalui beberapa subkanal. Akibatnya terjadi penurunan bit rate sebesar faktor N, dimana N merupakan banyaknya subkanal, yang menyebabkan periode simbol meningkat N kali dari semula. Pada domain frekuensi, bandwidth menjadi N kali lebih kecil daripada bandwidth sinyal. Sinyal pada masing-masing subkanal akan dimodulasi pada   frekuensi
tertentu, kemudian   sinyal   termodulasi   tersebut dijumlahkan   terlebih dahulu sebelum dikirimkan.

CDMA

Code Division Multiple Access adalah jenis commmunication spread spectrum. Pada awalnya hanya digunakan dalam satelit militer untuk mengatasi kemacetan dan memberikan keamanan bagi pengguna.

Prinsip dasar operasi ditunjukkan pada Gambar 3. Setiap simbol transmisi biner diwakili oleh kode penyebaran yang terdiri dari urutan nol dan satu. Bitrate biasanya jauh lebih tinggi daripada simbolrate dan disebut sebagai “chip rate”. Setiap pengguna memiliki kode unik yang ortogonal untuk semua kode lainnya. Sinyal yang dihasilkan diperoleh dengan hasil dari input stream data dan kode menyebar. Pada penerima, bit stream yang masuk berkorelasi dengan kode penyebar di penerima dan data pengguna retreived. Jika data tidak sesuai untuk pengguna (yaitu kode penyebarnya berbeda), tampak sebagai noise .

gambar 2. A Simple CDMA process

Keuntungan CDMA :

1. memecahkan masalah multiple acces tanpa koordinasi antara para pengguna. Setiap user dapat mengirimkan data tersebut pada setiap saat tanpa gangguan dari pengguna lainnya.

2. Kode chip atau kode penebar menyediakan metode untuk mengidentifikasi dan autentikasi sumber pemancar ES tanpa informasi eksplisit dalam paket.

3. Metode ini memberikan keamanan tinggi terhadap penyadapan di saluran siaran satelit, karena sulit untuk mendeteksi kode pseudo-random spreading code.

4. Memungkinkan penggunaan kembali frekuensi yang sama yang berdekatan di satelit di beberapa tempat dengan memberikan kode penebar yang berbeda untuk setiap pengguna.

Keterbatasan utama dari metode ini adalah spektrum sinal penebar pengguna N meningkatkan level noise. Oleh karena itu semakin meningkatnya jumlah pengguna, menurunkan BER. Hal ini sangat sulit untuk secara akurat menentukan degradasi kinerja sistem dengan peningkatan pengguna secara simultan. Namun, karena keuntungan yang tampak jelas, sistem satelit yang paling modern adalah menggunakan CDMA sebagai metode akses saluran.

sumber : http://www1.cse.wustl.edu/~jain/cis788-97/ftp/satellite_data/index.htm#CDMA

http://digilib.its.ac.id/public/ITS-Article-8987-Titiek%20Suryani-Peningkatan%20Kinerja%20Sistem%20Komunikasi%20Digital%20Di%20Lingkungan%20Kanal%20AWGN%20Dan%20Derau%20Impuls%20Menggunakan%20Teknik%20Multicarrier.pdf

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on April 8, 2011 in Ta qw

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: